jajanan pasar semarang

20 Jajanan Pasar Paling Enak 20 Jajanan Pasar Paling Enak

Infomakanan.com – Kali ini gue akan bernostalgia dikit tentang jajanan pasar atau jajanan tradisional yang sering gue comot dari rumah tetangga gue. Iya, gue emang sukanya nyomot jajan tetangga . Namun makin gue gede gini, jajanan pasar makin sulit gue cari, gue malah lebih sering liat model takoyaki atau sosis apalah gitu. Kali ini kita akan bahas 20 jajanan pasar tradisional paling enak menurut lidah gue. Kalau lu demen singkong, pasti lu demen juga sama ini jajan.

Yang pertama kali bikin gue tertarik jaman kecil yaitu warnanya yang macem-macem, unyu bero. Makanan ini biasa ada di daerah Jawa Timur atau ga Jawa Tengah, namun makin kesini makin susah cari ini jajan. Kalau sebelumnya ada gethuk dari Jawa Tengah & Timur, kali ini combro yang sering nongol di Jawa Barat. Kalau di Jawa Timur mungkin namanya jemblem, tapi ga pake oncom sob, langsung di goreng gitu aja. Bedanya ini parutan singkong yang dalemnya diisi sambel oncom abis itu digoreng, gurih apalagi ditambah cabe rawit, slurp.

Kalau di sumatera nama ni jajan bukan wajik, tapi namanya pulut manis, semanis gue bero . Jadi ni makanan asalnye dari ketan, dikukus pake santan plus gula sampai berminyak. Kalau lu biarin terlalu lama, ini jajan jadi keras lho. Sumpah, waktu pertama nyoba ini, pertama aneh, lama-lama doyan gitu (laper kale…) dan lagi-lagi bahannya dari beras ketan. Selain jadah, kadang orang manggilnya tetel. Selain dikukus langsung makan, ada juga yang digoreng, rasanya gurih kok. Rasanya ? Enak sob, suer, kenyal-kenyal lembut gimana gitu, IYKWIM . Oke, di tempat ke-15 ada jajanan pasar yang lumayan gue doyan waktu kecil, yaitu cenil! Biasanya gua dulu dibeliin emak di pasar, satu tempat sama yang jual gethuk. Cenil ini juga warna warni yang bikin mata bocah kayak gue terpana, hingga narik-narik rok emak gue buat minta belikan hohoho. Ini jajan gue kangen banget sumpah, biasa dulu ada jualan di depan SD gue dan sekarang gue berusaha cari-cari agak susah ni jajan dicari-cari.

Jadi abis pulang sekolah, gue ngemil gandhos yang pegangnya pake potongan kecil kertas koran. Gue suka ini jajan karena legit, apalagi anget-anget makannya, wuih. Oke, lagi-lagi ketan sob, wkwk memang jajanan Indonesia ini banyak yang dari ketan kalau nggak ya tepung beras. Di nomer 10 ada kue lapis, dan lu belum rasain ini jajan ? Kue ini rasanya manis legit and kenyal, waktu gue kecil, saking kurang kerjaannya, gue paling suka makannya selapis demi selapis. Yang ini sih banyak versinya, ada yang kecil mungil ada yang gede, macem-macem sob. Kalau gua sih biasa makan yang kotak gitu. Jadi ada dua campuran antara gula merah atau santan, tinggal lu model-model gimana, terserah lu dah. Njir, ini kue cucur favorit gua banget sob, apalagi ada acara kondangan atau seminar gitu, snackbox biasanya isinya kue cucur gitu. Yang gua suka apalagi kalau bukan manisnya yang mantap, tapi yang kadang gua ga suka itu ya minyaknya yang bikin seret tenggorokan.

Baca Juga : Sosialisasi Makanan Jajanan Anak Sekolah

Nagasari juga banyak modelnya, ada nagasari mutiara yang pink-pink gitu, itu lumayan enak juga tampilannya mirip gambar utama yang ada dibawah judul di atas itu loh sob. Tapi salah satu yang gue suka itu kue nagasari yang tengah-tengahnya isi pisang itu, njir, bisa rampok punya temen gue kadang-kadang sob, comot coegs. Njir ini di nomor 8 ada mimin Ciepo, wkawkawk, ampun min, jangan delete artikel ini plisss. Bahannya beras ketan, abis itu dimasukin bambu, baru di kukus dah. Biasanya sih isinya gula jawa. Sebenernya gua males lagi jelasin ini jajan, pasti kalian udah tau, bahkan ngerti ini jajan, bentuknya ijo bunder, isinya gula merah and diluarnya ada taburan kelapanya. Belum pernah cobain ini ? Mending loe pada balik ke TK dah, nikmati lagi masa kecil loe. Di tempat ke 6 ada onde-onde kayak kepala mimin ciepo sekarang botak alias bunder, wekekekek. Jadi ini dalemnya kalau ga salah kacang ijo, dan diluarnya biji wijen. Paling enak dimakan pas anget-anget abis di goreng.

7 Jajanan Anak Sekolah Yang Paling Enak 7 Jajanan Anak Sekolah Yang Paling Enak

Infomakanan.com – Siapa yang tidak tahu dengan jajanan anak sekolah yang sangat murah dan tentunya enak. Disamping untuk menuntut ilmu, sekolah juga merupakan lahan bisnis bagi sebagian orang. Karena itu banyak yang menjajakan makanan yang murah sekaligus nikmat terlebih lagi karena target konsumennya adalah anak sekolah oleh sebab itu mereka membuat makanan yang unik dan murah agar menarik anak-anak untuk membelinya. Dari berbagai jenis jajanan yang dijajakan yang menjadi bahan pemikiran pastinya adalah rasa, harga dan tentunya bentuk dari jajanannya. Apabila makanannya harganya terjangkau, rasanya nikmat dan juga unik pastinya akan membuat dagangan tersebut laris manis.

Dengan konsumen anak sekolah tentu harganya juga harus disesuaikan rangenya dari Rp. 1.000 – Rp. 3.000. Beberapa yang masih hits sampai hari ini adalah. Mungkin ini salah satu yang the best untuk anak-anak dari beberapa jajanan sekolah. Dari rasa yang gurih, tekstur yang lembut lalu ditambah saus pedas dan kecap eumm tentunya nikmat sekali bukan? Dinikmati saat setengah matang nikmatnya kue ini luar biasa loh. Apalagi pada zaman sekarang dengan berbagai macam topping dari keju, coklat dan sebagainya. Sampai sekarang jajanan ini salah satu jajanan yang paling banyak dicari. Renyah, Manis dan nikmat membuat jajanan ini juga laku di setiap sekolah yang menjajakannya.

Varian rasa yang ditawarkan juga biasanya sangat beragam coklat, keju, strawberry dan lainnya membuat ketagihan anak-anak yang mencobanya. Tidak hanya untuk jajanan anak sekolah bahkan di sebagian tempat sekarang sudah banyak yang menjajakan jajanan ini. Tetapi, tentunya jika kita beli jajanan ini di tempat sekolahan taste nya akan berbeda loh. Berbeda dengan bakso cilok lebih kenyal dan nikmat untuk cemilan apalagi ditambahn saus pedas dengan kecap. Mungkin yang unik dari jajanan ini adalah dari segi bentuk apapun bisa dibentuk dari hewan, tumbuhan, gedung, tokoh kartun dan model lainnya yang bisa kita pilih. Sebenarnya untuk dimakan terlalu sayang karena bentuknya yang lucu sekaligus keren jadi ragu untuk memakannya tetapi jika kita makan rasanya enak loh. Jajanan yang sangat eksis dimanapun itu pasti dikenal semua orang karena jajanan ini terbilang cukup lama. Dengan tekstur garing dan tipis ditambah rasa pedas karena bumbu cabai tabur semakin menambah nikmat jajanan ini. Lidi-lidian ini biasa juga di kombinasikan dengan makaroni pedas yang menambah variasi di lidah anak-anak. Peluang usaha dari lidi-lidian ini tidak hanya di sekolah saja loh bahkan di kampus atau di kantin kantoran banyak yang menjajakan jajanan ini jadi tentunya sangat rekomen banget deh jajanan ini. Dengan menggunakan bahan telur puyuh sebagai bahan utama ditambah sedikit sayuran seperti wortel, kol dan daun bawang. Tetapi, banyak juga yang menggunakan telur ayam. Jika sudah siap diaduk semua bahannya lalu di tempatkan di wajan yang sudah dibentuk kecil-kecil jika sudah matang angkat lalu ditambahkan saus pedas eummm.. Sebenarnya masih banyak lagi jajanan anak sekolah yang tidak mungkin bisa dijabarkan satu persatu. Tetapi yang perlu diingat perhatikan ya kebersihannya juga dari penjajak makanan tersebut agar lebih sehat untuk dikonsumsi ya.

0,129 sehingga H1 ditolak, artinya peer group support tidak berpengaruh terhadap perubahan sikap tentang jajanan sehat pada siswa kelas 5 SDN Ajung 2 Kalisat Jember. 0,209, yang artinya tidak terdapat perbedaan antara kelompok perlakuan dan kontrol. Nilai sikap semua responden pada kelompok perlakuan terdapat peningkatan walaupun tidak signifikan. Salah satu hal yang mempengaruhi perubahan sikap diduga adalah stimulus yang belum tersampaikan. Roger dalam Notoatmodjo (2003) menjelaskan bahwa sebelum seseorang menghadapi sikap baru maka dalam diri tersebut terjadi proses berbenturan yaitu mengetahui stimulus, tertarik dengan stimulus, mencoba bersikap baru kemudian mencoba menghadapi sikap baru. Selain itu, hasil sikap pada responden kemungkinan dipengaruhi oleh faktor yang mempengaruhi perubahan sikap. Anak dalam penelitian ini diduga masih dalam tahap tertarik dengan stimulus, sehingga belum dapat diambil satu kesimpulan dalam perubahan sikap. Menurut hasil uji yang dilakukan tidak ada perubahan dalam sikap, namun secara nilai setiap individu sudah ada peningkatan sikap yang baik, ini ditunjukkan dengan peningkatan sikap yang baik pada responden 28. Kemampuan belajar antar individu tersebut berbeda-beda, namun perbedaan yang dimaksud belum dapat dijelaskan lebih lanjut.

Baca Juga : 7 Bisnis Jajanan Anak Sekolah Paling Laris

Hasil temuan peneliti di lapangan melihat para responden tidak terlalu menerima terhadap perubahan sikap yang diharapkan peneliti. Hal ini kemungkinan siswa kelas 5 SDN Ajung 2 Kalisat Jember sudah mempunyai sikap yang baik tentang jajanan sehat, sebagai contoh yang dilakukan oleh peneliti saat pra penelitian (pra tes) terdapat responden yang mengetahui dalam memilih jajanan harus memilih makanan yang tertutup dan tidak dihinggapi lalat, namun dalam hal tindakan siswa tersebut tetap memilih makanan yang terbuka dan dihinggapi lalat. Setelah diberikan intervensi berupa peer group support terjadi perubahan tindakan yang cukup signifikan pada anak dalam perilaku jajanan sehat. Pengolahan data menggunakan uji statistik wilcoxon signed rank test dan mann whitney u test. 0,000, yang artinya terdapat perbedaan antara kelompok perlakuan dan kontrol. Praktik merupakan domain perilaku yang ketiga setelah pengetahuan dan sikap (Notoadmodjo, 2007). Setelah mengetahui stimulus atau obyek, kemudian mengadakan penilaian atau pendapat terhadap apa yang diketahui, kemudian seseorang diharapkan mampu melaksanakan, mempraktikan atau memiliki kemampuan praktik terhadap apa yang diketahui dan disikapi.