jajanan pasar anak sd

20 Jajanan Pasar Paling Enak 20 Jajanan Pasar Paling Enak

Infomakanan.com – Kali ini gue akan bernostalgia dikit tentang jajanan pasar atau jajanan tradisional yang sering gue comot dari rumah tetangga gue. Iya, gue emang sukanya nyomot jajan tetangga . Namun makin gue gede gini, jajanan pasar makin sulit gue cari, gue malah lebih sering liat model takoyaki atau sosis apalah gitu. Kali ini kita akan bahas 20 jajanan pasar tradisional paling enak menurut lidah gue. Kalau lu demen singkong, pasti lu demen juga sama ini jajan.

Yang pertama kali bikin gue tertarik jaman kecil yaitu warnanya yang macem-macem, unyu bero. Makanan ini biasa ada di daerah Jawa Timur atau ga Jawa Tengah, namun makin kesini makin susah cari ini jajan. Kalau sebelumnya ada gethuk dari Jawa Tengah & Timur, kali ini combro yang sering nongol di Jawa Barat. Kalau di Jawa Timur mungkin namanya jemblem, tapi ga pake oncom sob, langsung di goreng gitu aja. Bedanya ini parutan singkong yang dalemnya diisi sambel oncom abis itu digoreng, gurih apalagi ditambah cabe rawit, slurp.

Kalau di sumatera nama ni jajan bukan wajik, tapi namanya pulut manis, semanis gue bero . Jadi ni makanan asalnye dari ketan, dikukus pake santan plus gula sampai berminyak. Kalau lu biarin terlalu lama, ini jajan jadi keras lho. Sumpah, waktu pertama nyoba ini, pertama aneh, lama-lama doyan gitu (laper kale…) dan lagi-lagi bahannya dari beras ketan. Selain jadah, kadang orang manggilnya tetel. Selain dikukus langsung makan, ada juga yang digoreng, rasanya gurih kok. Rasanya ? Enak sob, suer, kenyal-kenyal lembut gimana gitu, IYKWIM . Oke, di tempat ke-15 ada jajanan pasar yang lumayan gue doyan waktu kecil, yaitu cenil! Biasanya gua dulu dibeliin emak di pasar, satu tempat sama yang jual gethuk. Cenil ini juga warna warni yang bikin mata bocah kayak gue terpana, hingga narik-narik rok emak gue buat minta belikan hohoho. Ini jajan gue kangen banget sumpah, biasa dulu ada jualan di depan SD gue dan sekarang gue berusaha cari-cari agak susah ni jajan dicari-cari.

Jadi abis pulang sekolah, gue ngemil gandhos yang pegangnya pake potongan kecil kertas koran. Gue suka ini jajan karena legit, apalagi anget-anget makannya, wuih. Oke, lagi-lagi ketan sob, wkwk memang jajanan Indonesia ini banyak yang dari ketan kalau nggak ya tepung beras. Di nomer 10 ada kue lapis, dan lu belum rasain ini jajan ? Kue ini rasanya manis legit and kenyal, waktu gue kecil, saking kurang kerjaannya, gue paling suka makannya selapis demi selapis. Yang ini sih banyak versinya, ada yang kecil mungil ada yang gede, macem-macem sob. Kalau gua sih biasa makan yang kotak gitu. Jadi ada dua campuran antara gula merah atau santan, tinggal lu model-model gimana, terserah lu dah. Njir, ini kue cucur favorit gua banget sob, apalagi ada acara kondangan atau seminar gitu, snackbox biasanya isinya kue cucur gitu. Yang gua suka apalagi kalau bukan manisnya yang mantap, tapi yang kadang gua ga suka itu ya minyaknya yang bikin seret tenggorokan.

Baca Juga : Sosialisasi Makanan Jajanan Anak Sekolah

Nagasari juga banyak modelnya, ada nagasari mutiara yang pink-pink gitu, itu lumayan enak juga tampilannya mirip gambar utama yang ada dibawah judul di atas itu loh sob. Tapi salah satu yang gue suka itu kue nagasari yang tengah-tengahnya isi pisang itu, njir, bisa rampok punya temen gue kadang-kadang sob, comot coegs. Njir ini di nomor 8 ada mimin Ciepo, wkawkawk, ampun min, jangan delete artikel ini plisss. Bahannya beras ketan, abis itu dimasukin bambu, baru di kukus dah. Biasanya sih isinya gula jawa. Sebenernya gua males lagi jelasin ini jajan, pasti kalian udah tau, bahkan ngerti ini jajan, bentuknya ijo bunder, isinya gula merah and diluarnya ada taburan kelapanya. Belum pernah cobain ini ? Mending loe pada balik ke TK dah, nikmati lagi masa kecil loe. Di tempat ke 6 ada onde-onde kayak kepala mimin ciepo sekarang botak alias bunder, wekekekek. Jadi ini dalemnya kalau ga salah kacang ijo, dan diluarnya biji wijen. Paling enak dimakan pas anget-anget abis di goreng.