Jajanan

10 Jajanan Korea Paling Banyak Dicari Di Korea 10 Jajanan Korea Paling Banyak Dicari Di Korea

Infomakanan.com – Akhir-akhir ini di Indonesia sedang mewabah hal-hal yang berbau Korea. Mulai dari film, musik, drama, sampai makanannya. Jika kita ditanya apa makanan khas dari Korea Selatan, sudah pasti Kimchi adalah kata pertama yang muncul dibenak kita. Tapi, apa Anda sudah tau tentang Jajanan Korea paling banyak dicari oleh orang-orang? Sebenarnya, banyak sekali makanan khas Korea Selatan yang pastinya memiliki rasa yang lezat. Bagi anda pecinta hal-hal yang berbau Korea, tentu saja anda wajib tahu tentang Jajanan Korea paling banyak dicari disana.

Anda tidak terlalu tau tentang Jajanan Korea paling banyak dicari? Tenang, kali ini H.I.S Travel Indonesia akan membahas di artikel yang satu ini. Tteokbokki adalah jajanan pasar yang cukup populer di Korea. Terbuat dari garaetteok (kue beras berbentuk silinder yang kenyal) yang direbus dengan saus gochujang (pasta cabai yang telah difermentasi asli Korea). Kadang juga bisa disajikan dengan mie, bakso ikan, atau aneka makanan laut lainnya atau bahkan telur dan sayuran.

Inilah alasan kenapa Tteokbokki merupakan jajanan yang sehat daripada jajanan kemasan yang mengandung banyak pengawet. Bicara soal rasa, karena menggunakan pasta cabai sudah pasti menjadi agak pedas. Ada juga Tteokbokki instan yang sudah dijual di toko makanan sehingga kita dapat membuatnya sendiri di rumah. 2. Odeng (Eomuk) Juga Merupakan Salah Satu Jajanan Korea Paling Banyak Dicari Loh! Odeng atau Eomuk adalah bakso ikan khas Korea. Odeng merupakan daging ikan yang dihaluskan lalu dicampur tepung terigu dan beberapa bumbu. Kemudian ditusuk dengan tusuk sate dan direbus dengan kaldu. Selain ikan, dalam adonan juga bisa dimasukkan kepiting ataupun cumi. Setiap tempat memiliki racikannya sendiri, ada yang menambahkan sayuran, paprika ataupun wijen. Sangat cocok dimakan saat musim dingin karena cara memakannya pun menggunakan kaldu kuah panas. Setidaknya ada 3 jenis Odeng yang bisa kita temukan di Korea. Yakni Odeng dengan kuah kaldu, Odeng dengan saus mustard dan saus tomat dan Odeng Tang atau Eomuk Guk yakni Odeng yang di sajikan dalam mangkuk kaldu dengan bawang serta kedelai. 3. Hot Bar Juga Jangan Sampai Anda Lewatkan Ketika Berlibur Dan Jajan Di Korea Nanti!

Hot Bar atau Hot Baa yang dalam bahasa Korea berarti cemilan yang digoreng, biasa disebut sebagai kembaran Odeng karena disajikan dengan cara yang sama yakni ditusuk. Bedanya Hot Bar ini di masak dengan cara digoreng. Hot Bar ini beragam variasinya, ada yang menggunakan adonan Odeng, ada juga yang diisi dengan kue beras dan sosis. Kita bisa menikmatinya juga dengan menambahkan saus Tteokbokki. 4. Tokkebi Hot Dog Korea Di Negri Asalnya, Jauh Terasa Lebih Istimewa! Tokkebi atau yang biasa kita sebut Hot Dog Kentang. Seperti namanya, Hot Dog ini ditusuk dengan tusuk sate lalu dibungkus dengan kentang goreng. Bagaimana cara kentang itu bisa menempel? Tentu saja ditambahkan dahulu sebuah adonan pada hot dognya sebelum kita tempelkan potongan kentang disekelilingnya. Setelah digoreng, sajikan Tokkebi Hot Dog dengan saus tomat, sambal dan mayones. 5. Cicipi Enaknya Jajanan Twigim Yuk! Kalau di Indonesia biasa disebut gorengan. Twigim ini terdiri dari berbagai macam bahan, seperti telur, ubi, udang, sejenis dim sum, sayuran, baksi, paprika, mandu (pangsit) bahkan cumi. Kemudian bahan-bahan tersebut dibalut tepung bumbu lalu digoreng dengan minyak panas. Biasanya Twigim dimakan dengan cara dicelupkan ke dalam kecap asin atau juga saus Tteokbokki.

6. Ke Korea Di Musim Dingin? Bungeoppang merupakan jajanan khas musim dingin di Korea. Terbuat dari adonan tepung terigu yang kemudian dicetak dengan bentuk ikan. Tapi kali ini tidak terbuat dari ikan walaupun berbentuk ikan. Bungeoppang biasanya diisi dengan selai kacang merah, ubi manis, coklat, dan chestnut. Cocok dimakan saat masih hangat. Kepribadian kita juga dapat dilihat dari cara memakannya. Yakni jika orang makan bungeoppang dari kepala ikannya maka biasanya orang itu bersifat optimisik dan bersemangat tapi jika memakannya dari ekor ikan maka orang itu bersifat sensitif, romantis dan fashionable. 7. Suka Coklat Ataupun Vanila? Kalau Bungeoppang berbentuk ikan, kini Delimanjoo berbentuk jagung mini. Kue mungil ini berisi krim vanila atau coklat. Delimanjoo sendiri berasal dari 2 kata yakni delicious yang berarti lezat dan manjoo yaitu dim sum. Tak heran bila Delimanjoo merupakan salah satu jajanan Korea paling banyak dicari. 8. Gyeran Ppang Yang Hangat, Rasanya Lumayan Enak! Gyeran Ppang atau roti telur merupakan sajian roti yang bagian atasnya ditambahkan telur ayam yang dimasak bersamaan dengan cara dipanggang dalam oven.

Baca Juga : 20 Jajanan Pasar Paling Enak

Rasanya manis dan gurih, menyebabkan jajanan ini masuk ke dalam daftar jajanan Korea paling banyak dicari. Umumnya dijual dipinggir jalan sehingga disebut street food asli Korea. Cocok dimakan selagi hangat. 9. Mencari Jajanan Saa Malas Makan? Hotteok adalah panekuk berisi pasta kacang. Kue ini digoreng dan cocok dimakan selagi masih hangat. Bentuknya bulat dan tebal. Adonannya terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung beras ketan yang diencerkan lalu ditambah gula, susu dan ragi. Isiannya terdiri dari campuran gula coklat, madu, kacang tanah halus, dan aroma kayu manis. Ada beberapa variasi Hotteok yakni dicampurkan tepung jagung atau teh hijau dalam adonannya. Lalu ada juga Hotteok yang tidak digoreng melainkan dipanggang. Meskipun cara pengolahannya bervariasi, jajanan ini, adalah salah satu jajanan Korea paling banyak dicari. 10. Jangan Lupa Cicipi Bbopki Saat Disana Ya! Sikecil Pasti Juga Suka! Bbopki merupakan permen khas Korea. Permen ini berbentuk bulat dengan warna coklat muda. Ada yang dijual dengan stik atau tanpa stik. Bahan dasarnya adalah gula yang telah dibuat caramel dengan tambahan soda kue. Biasanya dibentuk hiasan dengan cetakan berbentuk hati, bintang, atau lainnya. Yang unik adalah, jika anda bisa memakan permen ini sekalius tanpa merusaknya, anda akan mendapatkan satu Bbopki gratis. Sayangnya permen ini sangat renyah dan mudah patah. Jadi apakah anda tertarik mencoba tantangan tersebut? Nah itu tadi sedikit ulasan kami tentang jajanan Korea paling banyak dicari. Dari tampilan makanannya saja sudah terlihat sangat menggiurkan bukan? Jadi jangan sampai lupa untuk mencicipinya saat berlibur ke Negeri Ginseng bersama H.I.S Travel Indonesia ya!

20 Jajanan Pasar Paling Enak 20 Jajanan Pasar Paling Enak

Infomakanan.com – Kali ini gue akan bernostalgia dikit tentang jajanan pasar atau jajanan tradisional yang sering gue comot dari rumah tetangga gue. Iya, gue emang sukanya nyomot jajan tetangga . Namun makin gue gede gini, jajanan pasar makin sulit gue cari, gue malah lebih sering liat model takoyaki atau sosis apalah gitu. Kali ini kita akan bahas 20 jajanan pasar tradisional paling enak menurut lidah gue. Kalau lu demen singkong, pasti lu demen juga sama ini jajan.

Yang pertama kali bikin gue tertarik jaman kecil yaitu warnanya yang macem-macem, unyu bero. Makanan ini biasa ada di daerah Jawa Timur atau ga Jawa Tengah, namun makin kesini makin susah cari ini jajan. Kalau sebelumnya ada gethuk dari Jawa Tengah & Timur, kali ini combro yang sering nongol di Jawa Barat. Kalau di Jawa Timur mungkin namanya jemblem, tapi ga pake oncom sob, langsung di goreng gitu aja. Bedanya ini parutan singkong yang dalemnya diisi sambel oncom abis itu digoreng, gurih apalagi ditambah cabe rawit, slurp.

Kalau di sumatera nama ni jajan bukan wajik, tapi namanya pulut manis, semanis gue bero . Jadi ni makanan asalnye dari ketan, dikukus pake santan plus gula sampai berminyak. Kalau lu biarin terlalu lama, ini jajan jadi keras lho. Sumpah, waktu pertama nyoba ini, pertama aneh, lama-lama doyan gitu (laper kale…) dan lagi-lagi bahannya dari beras ketan. Selain jadah, kadang orang manggilnya tetel. Selain dikukus langsung makan, ada juga yang digoreng, rasanya gurih kok. Rasanya ? Enak sob, suer, kenyal-kenyal lembut gimana gitu, IYKWIM . Oke, di tempat ke-15 ada jajanan pasar yang lumayan gue doyan waktu kecil, yaitu cenil! Biasanya gua dulu dibeliin emak di pasar, satu tempat sama yang jual gethuk. Cenil ini juga warna warni yang bikin mata bocah kayak gue terpana, hingga narik-narik rok emak gue buat minta belikan hohoho. Ini jajan gue kangen banget sumpah, biasa dulu ada jualan di depan SD gue dan sekarang gue berusaha cari-cari agak susah ni jajan dicari-cari.

Jadi abis pulang sekolah, gue ngemil gandhos yang pegangnya pake potongan kecil kertas koran. Gue suka ini jajan karena legit, apalagi anget-anget makannya, wuih. Oke, lagi-lagi ketan sob, wkwk memang jajanan Indonesia ini banyak yang dari ketan kalau nggak ya tepung beras. Di nomer 10 ada kue lapis, dan lu belum rasain ini jajan ? Kue ini rasanya manis legit and kenyal, waktu gue kecil, saking kurang kerjaannya, gue paling suka makannya selapis demi selapis. Yang ini sih banyak versinya, ada yang kecil mungil ada yang gede, macem-macem sob. Kalau gua sih biasa makan yang kotak gitu. Jadi ada dua campuran antara gula merah atau santan, tinggal lu model-model gimana, terserah lu dah. Njir, ini kue cucur favorit gua banget sob, apalagi ada acara kondangan atau seminar gitu, snackbox biasanya isinya kue cucur gitu. Yang gua suka apalagi kalau bukan manisnya yang mantap, tapi yang kadang gua ga suka itu ya minyaknya yang bikin seret tenggorokan.

Baca Juga : Sosialisasi Makanan Jajanan Anak Sekolah

Nagasari juga banyak modelnya, ada nagasari mutiara yang pink-pink gitu, itu lumayan enak juga tampilannya mirip gambar utama yang ada dibawah judul di atas itu loh sob. Tapi salah satu yang gue suka itu kue nagasari yang tengah-tengahnya isi pisang itu, njir, bisa rampok punya temen gue kadang-kadang sob, comot coegs. Njir ini di nomor 8 ada mimin Ciepo, wkawkawk, ampun min, jangan delete artikel ini plisss. Bahannya beras ketan, abis itu dimasukin bambu, baru di kukus dah. Biasanya sih isinya gula jawa. Sebenernya gua males lagi jelasin ini jajan, pasti kalian udah tau, bahkan ngerti ini jajan, bentuknya ijo bunder, isinya gula merah and diluarnya ada taburan kelapanya. Belum pernah cobain ini ? Mending loe pada balik ke TK dah, nikmati lagi masa kecil loe. Di tempat ke 6 ada onde-onde kayak kepala mimin ciepo sekarang botak alias bunder, wekekekek. Jadi ini dalemnya kalau ga salah kacang ijo, dan diluarnya biji wijen. Paling enak dimakan pas anget-anget abis di goreng.

Sosialisasi Makanan Jajanan Anak Sekolah Sosialisasi Makanan Jajanan Anak Sekolah

Infomakanan.com – Makanan Jajanan Anak Sekolah merupakan contoh dimana sekolah memiliki peran penting dalam pencapaian kesehatan masyarakat, terutama kesehatan siswa sekolah. Peran penting ini telah diakui dan didorong oleh WHO pada tahun 2008 melalui pencanangan Konsep Sekolah Sehat, atau sekolah yang mempromosikan kesehatan (health promoting school). Hal serupa telah diatur dalam Undang-Undang No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan pasal 79 tentang Kesehatan Sekolah. Sekolah merupakan institusi yang dapat menciptakan pembelajaran, pertumbuhan, dan perkembangan harmonis peserta didik untuk menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

Oleh karenanya, kemampuan hidup sehat peserta didik, dan lingkungan pendidikan yang sehat, perlu diwujudkan dan menjadi tujuan penyelenggaraan Kesehatan Sekolah. Dalam konteks lingkungan pendidikan yang sehat, maka makanan jajanan anak sekolah yang aman, bermutu dan bergizi menjadi suatu keharusan. “Makanan jajanan anak sekolah mempunyai peran penting dalam memberikan asupan energi dan gizi bagi peserta didik/siswa sekolah. Namun, keamanan makanan jajanan anak sekolah masih perlu menjadi perhatian kita semua, masih sekitar 40 – 44% makanan jajanan anak sekolah tidak memenuhi syarat kesehatan”.

Demikian disampaikan oleh Kasubdit Produksi Kosmetika dan Makanan Dra. Vita Picola Haloho, Apt ketika membacakan sambutan Direktur Bina Produksi dan Distribusi Kefarmasian dalam acara Sosialisasi Makanan Jajanan Anak Sekolah (MJAS) Aman, Bermutu dan Bergizi, yang berlangsung pada tanggal 18 s.d 20 September 2014 di Swiss Belhotel Samarinda, Kalimantan Timur. Guna mewujudkan makanan jajanan anak sekolah yang aman, bermutu dan bergizi diperlukan upaya pembinaan kepada penyedia dan pedagang makanan jajanan. Upaya ini bersifat lintas sektor dan program, melibatkan pihak swasta dan masyarakat mengingat luasnya cakupan. Untuk itu, diperlukan kesamaan pemahaman, keterpaduan komitmen, dan kesatuan langkah agar pembinaan makanan jajanan anak sekolah dapat memperoleh hasil yang optimal. Kegiatan Sosialisasi Makanan Jajanan Anak Sekolah (MJAS) dilaksanakan dengan tujuan untuk mensosialisasikan materi makanan jajanan anak sekolah yang aman, bermutu dan bergizi dalam rangka pembinaan dengan melibatkan pemangku kepentingan terkait. Kegiatan ini dilaksanakan melalui pertemuan dengan diikuti oleh 110 peserta, yang terdiri dari 55 orang unsur pendidikan di wilayah Kota Samarinda, serta 55 orang dari petugas Puskesmas, Dinkes Kota Samarinda, dan Dinkes Provinsi Kalimantan Timur. Narasumber yang terlibat dalam kegiatan ini diantaranya dari Dit. Penyehatan Lingkungan, Dit. Bina Gizi, Dit. Bina Kesehatan Anak, Pusat Promosi Kesehatan, dan Dit. Bina Produksi dan Distribusi Kefarmasian. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk paparan dan diskusi dengan narasumber. Selain penyampaian materi, pada acara ini juga diperkenalkan model permainan ular tangga MJAS yang lebih komunikatif untuk digunakan di sekolah.

Meskipun namanya mengandung kata “Ambon”, Bika Ambon dikenal sebagai oleh-oleh khas Kota Medan. Di Medan, Jalan Mojopahit di Medan Petisah merupakan kawasan penjualan Bika Ambon yang paling terkenal. Di sana terdapat sedikitnya 40 toko yang menjual kue ini. Seratus gram sagu kering setara dengan 355 kalori. Di dalamnya rata-rata terkandung 94 gram karbohidrat, 0,2 gram protein, 0,5 gram serat, 10mg kalsium, 1,2mg besi, dan lemak, karoten, tiamin, dan asam askorbat dalam jumlah sangat kecil. Bika Ambon ini adalah zat pati yang tergantungnya. Bika Ambon yaitu kuning telur. Hasil penelitian Surey (1999) menunjukkan bahwa karotenoid kuning telur berfungsi sebagai antioksidan yang mencegah peroksidasi lipid jaringan. Selain fungsi antioksidan, fungsi lain karotenoid adalah pada sistem kekebalan tubuh. Onde-onde adalah sejenis kue jajanan pasar yang populer di Indonesia. Kue ini sangat terkenal di daerah Mojokerto yang disebut sebagai kota onde-onde sejak jaman Majapahit. Onde-onde dapat ditemukan di pasar tradisional maupun dijual di pedagang kaki lima.

Onde-onde juga populer khususnya di daerah pecinan baik di Indonesia maupun luar negeri. Onde-onde terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen. Terdapat bermacam-macam variasi, yang paling dikenal adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi pasta kacang hijau. Variasi lain hanya dibuat dari tepung terigu dan diberi warna pada permukaannya seperti putih, merah, atau hijau yang dikenal sebagai onde-onde gandum, yang merupakan onde-onde khas dari kota Mojokerto. Tepung ketan memiliki amilopektin yang lebih besar dibandingkan dengan tepung-tepung lainnya. Amilopektin inilah yang menyebabkan tepung ketan (beras ketan) lebih pulen dibandingkan dengan tepung lainnya. Makin tinggi kandungan amilopektin pada pati maka makin pulen pati tersebut, semakin tinggi amilopektin maka akan semakin mudah dicerna di dalam tubuh. Onde-Onde adalah kacang hijau didalamnya, Kacang hijau mengandung 20-25 persen protein. Protein pada kacang hijau mentah memiliki daya cerna sekitar 77 persen. Keseimbangan asam amino pada kacang hijau mirip dan sebanding dengan kedelai.

Baca Juga : 7 Jajanan Pasar Khas Thailand

Kandungan lemak dalam kacang hijau relatif sedikit (1-1,2 persen,Lemak kacang hijau sebagian besar tersusun atas asam lemak tidak jenuh oleat (20,8 persen), linoleat (16,3 persen) dan linolenat (37,5 persen). Linoleat dan linolenat merupakan asam lemak esensial yang sangat diperlukan bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi dan anak balita. Kacang hijau juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh manusia. Mineral seperti kalsium, fosfor, besi, natrium dan kalium banyak terdapat pada kacang hijau.Selain itu, kacang hijau juga merupakan sumber serat pangan (dietary fiber). Kadar serat dalam kacang hijau dapat mencegah terjadinya sembelit (susah buang air besar), serta penyakit lainnya yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Biji wijen mengandung 50-53% minyak nabati, 20% protein, 7-8% serat kasar, 15% residu bebas nitrogen, dan 4,5-6,5% abu. Minyak biji wijen kaya akan asam lemak tak jenuh, khususnya asam oleat (C18:1) dan asam linoleat (C18:2, Omega-6), 8-10% asam lemak jenuh. Dan masih banyak lagi kue jajanan pasar khas indonesia yang mengandung zat gizi yang baik. Secara garis besar yang ditonjolkan untuk makanan jajanan pasar ini adalah pengolahan yang baik, secara umum pengolahan makanan jajanan pasar ini diolah dengan sangat baik, artinya pengolahan yang tidak terlalu merusak zat gizi yang ada didalamnya.

7 Jajanan Pasar Khas Thailand 7 Jajanan Pasar Khas Thailand

Infomakanan.com – Thailand adalah salah satu destinasi paling familiar dan sering menjadi pilihan berlibur di antara banyak negara di Asia Tenggara lainnya. Selain tempat wisata, kamu juga perlu mencoba kuliner khas setempat yang mungkin tidak akan kamu temukan di negara asalmu. Ada pula 7 Jajanan Pasar Khas Thailand yang Unik dan Lezat yang bisa kamu coba, lho! Yuk simak langsung artikel singkat tentang 7 jajanan pasar khas Thailand yang unik dan lezat dari H.I.S Travel Indonesia! Selamat menyimak Travel Mates! Kalau di Indonesia ada kwetiaw goreng, di Thailand ada yang namanya pad thai.

Tampilannya sedikit mirip, tapi tentu saja ada perbedaan dalam penggunaan bumbu dan bahan-bahan pendampingnya. Pad thai berisi mie beras (seperti kwetiaw) yang ditumis dengan telur dan irisan tahu, serta dibumbui dengan kecap ikan/asin, asam jawa, ebi, bawang putih, bawang merah, cabai, dan gula jawa. Di dalam pad thai juga ada taoge, daun ketumbar, kucai, acar lobak, hingga bunga pisang.

Tidak lupa tambahan seafood seperti udang, kepiting, cumi, dan yang lainnya, bahkan daging ayam pun bisa menjadi alternatif. Mirip dengan sajian kwetiaw goreng ‘kan? Serupa tapi tak sama. Oleh karena itu, Travel Mates harus mencobanya! Dessert yang satu ini juga mirip dengan kue talam khas Indonesia. Di dalamnya ada campuran tepung beras, santan kelapa, dan gula. Selain itu, kamu dapat memilih topping dan tambahan rasa sesuai selera. Jagung, taro, original, bahkan dengan taburan daun bawang bisa jadi pilihanmu. Khanom krok sering disebut juga Thai Coconut Pudding yang dimasak dalam jumlah banyak di atas pan cetakan yang besar. Travel mates bisa menemukan Jajanan Pasar Khas Thailand yang Unik dan Lezat ini dengan mudah di pinggir jalan. Selain di Indonesia, kue leker atau crepes bisa kamu temukan juga di Thailand. Jajanan pasar ini tidak terbuat dari tepung terigu biasa, melainkan tepung dari kulit telur yang dihancurkan, tepung kacang hijau, dan tepung beras. Kemudian dicampur dengan telur, gula palem, air jeruk nipis, bubuk cokelat, serta garam. Kebayang ‘kan rasa kulit crepes-nya akan seunik apa? Belum lagi isiannya terbilang unik karena terdiri dari olesan meringue (terbuat dari putih telur dan gula yang dikocok hingga kaku) dan taburan topping.

Parutan kelapa dan olahan serat mi dari kuning telur menjadi topping-nya. Walaupun ada jenis khanom buang yang lain, bahan yang digunakan relatif sama, hanya topping-nya saja yang lebih bervariasi. 4. Nai Mong Hoy Tod, Omelette Thailand Yang Wajib Untuk Dicoba Nih! Banyak yang menyebut salah satu Jajanan Pasar Khas Thailand yang Unik dan Lezat ini dengan Thai Oyster Omelette. Tampilannya memang tidak menarik, tapi panganan ini sangat diminati oleh banyak orang ketika berkunjung ke Thailand. Telur dadar dengan campuran kerang tiram (oyster) ditambah saus khas Thailand menjadikannya unik dan menarik. Tiram yang disajikan juga sudah matang, jadi tidak perlu khawatir buat kamu yang tidak menyukai makanan mentah. Walaupun sederhana, pasti kamu penasaran dengan cita rasa nai mong hoy tod. Coba dan nilai sendiri ya, Travel Mates! Penyebutannya agak susah ya? Singkatnya, makanan unik ini merupakan kue ikan (fish cake) yang dihidangkan bersama dengan irisan timun, sayuran hijau, dan cabai segar.

Mungkin di antara kamu pernah menyantap fish cake ala Korea yang disajikan dengan kuah bening atau kuah pedas, sedikit mirip sih, hanya cara penyajiannya saja yang berbeda. Tod mun pla krai ini disajikan kering tanpa kuah. Tekstur fish cake ala Korea ini cenderung kenyal, bentuknya lebar dan tebal. Rasanya pun lebih pedas, namun kini rasa pedasnya disesuaikan dengan lidah para pendatang sehingga siapapun bisa menyantapnya. 6. Mencari Jajanan Pasar Khas Thailand Yang Unik Dan Tidak Biasa? Cari Serangga Goreng Saja! Hanya Disarankan Untuk Para Petualang Sejati Ya! Ekstrem tapi penasaran. Di Thailand, kamu akan menemukan berbagai macam serangga yang digoreng hidup-hidup dijajakan di pinggir jalan. Mulai dari belalang, ulat, jangkrik, hingga kalajengking. Wah, siapa yang tertarik? Pasalnya, serangga-serangga yang dijual banyak jenisnya dan sebagian besar adalah serangga yang ditakutkan bahkan sering dibunuh karena berbahaya. Kamu yang suka mengonsumsi panganan ekstrem seperti ini, cobalah untuk berkunjung ke Thailand. Mungkin kamu akan menemukan gorengan ekstrem lainnya selain serangga-serangga berbahaya. Tapi jangan khawatir Travel Mates, bagi kamu yang enggan mencobanya, kamu bisa memilih gorengan lain seperti seafood dan lain-lain yang lebih aman dicicipi.

Baca Juga : Jajanan Anak Sekolah Paling Hits

Tekstur thai pancake ini mirip seperti roti canai, hanya saja lebih tebal dan memiliki isian yang bervariasi. Topping lelehan coklat atau susu kental manis di atasnya pun terlihat menggugah selera. Seperti martabak di Indonesia, isian thai pancake bisa dipilih sesuai selera kamu. Jika ingin isian manis, tersedia beberapa pilihan seperti stroberi, cokelat, pisang, dan yang lainnya. Tapi jika ingin merasakan asin dan gurih, kamu bisa memilih telur sebagai isian pancake. Seperti jajanan pasar pada umumnya, thai pancake ini disajikan menggunakan alas atau mangkuk berbahan dasar kertas yang bisa langsung dibuang. Kamu juga tidak perlu khawatir dan bingung, karena pasti akan disediakan garpu kecil plastik untuk memudahkanmu menyantapnya. Selain daftar di atas, masih banyak lagi Jajanan Pasar Khas Thailand yang Unik dan Lezat lainnya yang bisa kamu temukan di negara Thailand. Supaya tidak semakin penasaran, yuk jalan-jalan ke Thailand menggunakan paket tour H.I.S Travel Indonesia! Tidak perlu khawatir kelebihan budget, apalagi bingung memilih destinasi wisata dan tempat menginap. Semuanya aman dan nyaman dengan H.I.S Travel Indonesia!

Jajanan Anak Sekolah Paling Hits Jajanan Anak Sekolah Paling Hits

Infomakanan.com – Ngomongin lingkungan sekolah mungkin tidak lepas dari jajanannya. Ya, hampir di tiap sekolah dari SD sampai SMA kita banyak menjumpai berbagai makanan ini dijajakan di kantin atau di balik pagar sekolah. Cimol : alias aci digemol (tepung kanji dibentuk bulat-bulat). Jajanan khas Tasikmalaya ini pertama kali terkenal di Bandung. Jajanan yang satu ini membuat orang ketagihan untuk membelinya.

Bentuk yang bulat, rasa yang enak dan gurih, kenyal-kenyal digigit disukai oleh anak-anak maupun orang tua sekalipun. Setelah bulatan-bulatan cimol digoreng, Pedagang umumnya menaburi jajanan satu ini dengan berbagai pilihan rasa, yaitu rasa pedas balado, rasa keju (manis,asin), atau kombinasi. Cimol dimasak dengan cara digoreng. Rp. 1000,- sampai Rp. Cimin : Ini merupakan jajanan khas yang bahan utamanya aci juga, namun bentuknya dipotong kotak-kotak kecil. Cimin alias cireng/aci mini dibuat dengan cara digoreng, lalu ditambahkan telur kocok diatasnya. Harga untuk setiap bulatan cimin sebesar Rp. Cireng isi : Jajanan satu ini merupakan saudara tua dari cimol dan cimin, sewaktu sekolah SD tahun 90an saya sudah mengenal jajanan yang satu ini. Dulu cireng dijajakan tanpa isi dan bumbunya pun hanya berupa saus yang dicairkan.

Namun sekarang cireng bertransformasi menjadi jajanan yang lebih menarik, yaitu adanya penambahan isi di dalam cireng. Kita kenal jajanan satu ini dengan nama cireng isi. Yang kita jumpai biasanya berupa isi keju, ayam pedas, sosis, dan lain-lain. Harga untuk setiap buah cireng isi adalah Rp. Dimasak dengan cara direbus/dikukus. Jajanan satu ini sudah lama kita kenal. Biasanya pedagang menyajikan cilok dengan bumbu saus sambal atau bumbu saus kacang. Ada beberapa varian baru cilok yaitu cilok goreng dan cilok bakar. Harga untuk 1 buah cilok adalah Rp. Martabak telor. Dimasak dengan cara digoreng. Menarik melihat pedagang sedang memasak makanan ini. Yaitu pertama-tama disiapkan kulit lumpia yang sudah jadi (bisa dibeli di pasar ataupun tukang sayur), setelah itu dikocok 1 butir telur, sisihkan. Jika telur sudah terlihat matang, baklor dilipat menjadi setengah lingkaran. Harga untuk setiap baklor adalah sebesar Rp. Sosis dan Kornet Panggang : Dimasak dengan cara dipanggang. Anda pasti sudah tahu jajanan ini, dan mungkin akrab dengan makanan sehari-hari kita. Pedagang menyajikan jajanan ini dengan sangat sederhana sekali. Setelah matang dimasukkan ke dalam plastik. Dan tidak lupa ditemani oleh kecap dan saos. Harga untuk setiap buah sosis dan kornet panggang adalah sebesar Rp. Kentang Twister : Cara pembuatannya cukup mudah, yaitu satu Bulatan kentang mentah ditusuk dengan menggunakan bambu(seperti tusuk sate), lalu masukkan ke dalam mesin/pisau kentang spiral(alat khusus), digoreng sampai matang. Disajikan dengan bubuk keju. Harga untuk setiap buah kentang twister sebesar Rp. Selain yang saya sebutkan diatas, masih banyak jajanan yang dijajakan di sekolahan, dari mulai kue cubit, creepes, roti bakar, burger, batagor, siomay dan lain-lain. Saya adalah penikmat jajanan sekolahan walaupun sudah tidak sekolah lagi (alias sudah setengah tua) he..he..he.. Memang jajanan anak sekolah ga ada matinye, selalu ada aja inovasi-inovasi baru di dunia perjajanan ini. Namun kita harus pandai-pandai memilih makanan yang baik untuk tubuh kita. Dimulai dari bahan-bahan yang digunakan hingga cara pembuatannya harus kita perhatikan.

Sarintohe ( 2012) pernah merancang program promosi perilaku makan sehat, yang diberikan pada siswa SD hingga SMP yang melibatkan pihak sekolah. Dalam hal ini penulis mengacu pada rancangan tersebut untuk melakukan promosi jajan sehat, terutama dalam hal ini jajan sehat berbasis singkong. Tujuan umumnya adalah siswa mampu melakukan perilaku jajan yang sehat, dan menyukai jajanan berbasis singkong. Sedangkan tujuan khususnya : 1) siswa memiliki pengetahuan tentang jajanan sehat dan manfaatnya, 2) siswa tahu tentang jajanan yang tidak sehat dan dampaknya, 3) siswa memiliki sikap positif pada jajanan yang berbasis singkong, 4) siswa memiliki keyakinan tentang pemilihan jajan sehat dan dapat mengurangi jajan yang tidak sehat. Program dapat dilakukan selama satu tahun, dengan evaluasi program tiap tiga bulan. Hal-hal yang dilakukan untuk mendukung promosi jajan sehat tersebut di sekolah : 1. Kebijakan sekolah. Menambahkan tentang kebijakan tentang perilaku jajan sehat. Kebijakan dapat berupa aturan tentang makanan yang dapat dikonsumsi di sekolah atau larangan membeli makanan dari luar sekolah. Berkaitan dengan kebijakan untuk jajan sehat berbasis singkong (misal seminggu sekali), dimana pada hari itu semua siswa dan guru diharuskan membawa bekal jajanan yang berbasis singkong, dan dapat dimakan bersama-sama waktu istirahat. 2. Kurikulum dalam pengajaran.

Baca Juga : Aneka Jajanan Pasar Di Catering Pernikahan

Selain malnutrisi, ada ancaman penyakit lain yang disebabkan makanan atau jajanan anak sekolah. Jajanan yang mengadung zat kimia dan bersifat karsinogenik, seperti zat pengawet (formalin, borax), pewarna sintetik, perasa (MSG) dapat terakumulasi pada tubuh yang dalam jangka panjang menyebabkan penyakit kanker dan tumor. Apabila anak mengkonsumsi asupan gizi yang tidak seimbang, maka ancamannya berupa penyakit seperti anemia defisiensi zat besi, kekurangan vitamin A (KVA), bahkan gangguan akibat kekurangan yodium di suatu komunitas terutama daerah endemik. • Biasakan makan pagi. Hal ini efektif untuk mengurangi nafsu jajan pada anak dan remaja. • Membawa bekal. Dengan membawa bekal, selain kebersihan terjaga, nutrisi juga dijamin seimbang. • Sediakan kudapan/camilan sehat di rumah, bisa berupa buah, kue rendah kalori atau yoghurt. • Variasi makanan di rumah. Menu yang berganti-ganti membuat kita tidak cepat bosan dan mencari pilihan lain di luar rumah, yang belum tentu memenuhi syarat gizi. Ini bisa diterapkan juga di kantin-kantin sekolah dengan menyediakan makanan yang sehat yang variatif dan bergizi, sehingga murid tidak membeli jajanan di luar sekolah. • Jangan biasakan mengganti makanan dengan jajanan. • Jangan terlalu sering makan di restoran fast food. Makanan yang ditawarkan umumnya mengandung garam yang tinggi dan penyedap rasa berlebih.

Aneka Jajanan Pasar Di Catering Pernikahan Aneka Jajanan Pasar Di Catering Pernikahan

Infomakanan.com – Pada umumnya jajanan pasar dapat dijumpai dan diperjual belikan di pasar tradisional. Namun seiring dengan perkembangan zaman, jajanan pasar kini menjadi populer, sehingga jajanan pasar dapat dijumpai dan diperjual belikan di supermarket, mall-mall, bahkan di hotel tidak malu-malu menyajikan jajanan pasar di acara-acara tertentu seperti acara pesta pernikahan. Jajanan pasa memiliki cita rasa tersendiri, serta keunikan bentuk tekstur dan rasa membuat jajanan pasar ini semakin disukai oleh para penggemarnya. Sehingga bagi pasangan yang hendak melangsungkan acara pesta pernikahan, tidak salah apabila menyajikan jajanan pasar di acara pesta pernikahan. Klepon merupakan jajanan pasar yang memiliki ciri khas berwarna hijau berbentuk bulat-bulat kecil yang didalamnya berisi gula merah dan ditaburi dengan parutan kelapa.

Gula merah yang terdapat di dalam klepon memberikan rasa mengejutkan dengan sensasi rasa manisnya gula. Jajanan pasar onde-onde ini tentunya banyak orang yang tidak asing dengan bentuknya yang bulat dan didalamnya berisi kacang hijau dan wijen di luarnya. Lemper dengan dibungkus daun pisang, sehingga cita rasa jajanan pasar lemper memiliki kekhasan tersendiri. Lemper merupakan jajanan pasar yang terbuat dari bahan ketan dan didalamnya berisi abon atau daging yang dicincang-cincang. Gethuk merupakan jajanan pasar tradisional, selain itu gethuk terbuat dari bahan ketela atau singkong yang digemari konsumen dikarenakan rasa manisnya. Untuk paket catering di Jakarta kalian bisa hubungi langsung kami, Berkah Catering jasa catering pernikahan di Jakarta yang siap membantu melancarkan acara pernikahan Anda, untuk menyajikan menu makanan yang bervariasi termasuk jajanan pasar. Yuk, segera konsultasikan konsumsi kalian bersama kami, berkah catering jakarta siap melayani kebutuhan konsumsi kalian untuk segala event apapun.

Biasanya anak-anaknya menyukai puding rasa coklat, strabery dan rasa buah lainnya. Makanan ini enak buat cemilan, karena kriuk-kriuk namun untuk membuatnya dibutuhkan ketrampilan karena harus membuat secara tipis hingga cepat lebih crispy. Karena jika tak tipis maka seperti martabak bukanlah crackers. Tak sedikit siswa yang tak terbiasa makan nasi untuk sarapan. Nah Anda bisa membuka usaha roti di sekolah. Karena roti biasanya dijadikan alternatif sebagai makanan pengganti nasi. Roti yang Anda jual bisa roti isi, roti kemasan ataupun roti bakar. Dan kebanyakan yang paling laris memang roti seribuan. Karena roti tersebut lumayan di kantong anak sekolahan dan tentunya mengenyangkan. Tak sedikit anak-anak menyukai ayam crispy, karena enak dan gurih. Meski tak bermerek namun anak-anak biasanya tetap akan mencari. Anda bisa membuka peluang usaha ini di kantin sekolah. Cara membuatnya juga tak terlalu susah apalagi kini sudah tersedia tepung instan untuk membuat ayam crispy. Biasanya jika menjual ini sepaket dengan nasi, saos dan minumannya. Bukan hanya kantin karyawan atau warung bakso, kantin sekolah pun butuh disajikan bakso. Karena makanan yang terbuat dari daging giling ini memang menjadi makanan favorit dikalangan usia termasuk para siswa.

Biasanya para siswa memesan bakso ketika jam makan siang tiba. Di kantin sekolah, mie ayam menjadi makanan mengenyangkan ketika istirahat datang. Biasanya mie ayam akan dipesan untuk anak-anak yang sedang malas makan nasi. Dan biasanya para siswa suka bingung antara makan mie ayam atau bakso. Sehingga suka memesan beberapa bakso untuk dituang ke mie ayam. Tak ketinggalan Indomie pun menjadi makanan andalan di kantin sekolahan. Menjadi andalan karena makanan ini tidak membosankan. Baik digoreng maupun di rebus. Makanan ini pun cocok untuk sarapan maupun makan siang. Dan meski sudah mengandung karbohidrat yang tinggi Indomie tetap disantap bersama nasi. Bagi yang ingin makan yang berkuah-kuah biasanya soto menjadi andalan anak sekolahan. Harganya pun tak semahal bakso jadi mereka biasanya menjadikan soto untuk makan siang. Soto yang biasa tersedia biasanya soto ayam, soto daging dan soto mie. Roti yang bolong ditengahnya ini menjadi makanan favorit karena mengenyangkan dan murah harganya. Apalagi toppingnya beragam. Ada gula halus, coklat, selai kacang hingga strawberry. Sangat cocok untuk sarapan dan harganya tidak mahal. Biasanya makanan ini akan dibeli ketika pulang sekolah.

Baca Juga : Artis Korea Lee Seung Gi Jajan Lupis Mbah Satinem

Menunggu jemputan. Makanan ini patut disajikan di kantin sekolah, karena selain praktis burger mini juga bergizi karena dilapisi dengan keju, beef, dan sayuran. Es lilin menjadi minuman favorit bagi anak SD. Biasanya yang mereka sukai adalah es lilin kacang hijau, es lilin susu coklat, es lilin sirop buah. Selain rasanya enak, es ini juga sangat segar jika diminum siang-siang setelah olahraga. Meski harganya lebih mahal dibandingkan dengan es lilin, namun es krim memiliki idolanya sendiri. Biasanya ibu-ibu lebih senang jika anaknya makan es krim dibandingkan dengan membeli es yang lainnya. Karena es krim lebih bergizi kandungannya. Dan es krim juga disebut sebagai pengganti susu bagi yang tidak suka susu bisa membeli es krim. Nah, es buah atau jus buah juga bisa dikatakan menjadi andalan setelah makan berat seperti mi ayam, bakso, siomai dan nasi. Biasanya jus buah harganya lebih mahal. Jika ingin menjual jus buah atau es buah lebih baik di kantin sekolah SMP atau SMA yang uang jajannya lebih besar. Es dawet menjadi sangat andalan ketika panas terik apalagi setelah berolahraga. Pasti banyak anak-anak yang mencarinya.

Artis Korea Lee Seung Gi Jajan Lupis Mbah Satinem Artis Korea Lee Seung Gi Jajan Lupis Mbah Satinem

Infomakanan.com – Aktor Korea Selatan, Lee Seung Gi tengah melakukan proses syuting di Yogyakarta. Ia pun sempat jajan lupis Mbah Satinem yang legendaris. Lee Seung Gi terkenal sebagai aktor, pembawa acara sekaligus penyanyi. Kepopuleran Lee Seung Gi membuatnya banyak digandrungi penggemar. Termasuk ketika melakukan syuting di Yogyakarta, ia pun dikerubuti fansnya. Di sela-sela kesibukan syutingnya, Lee Seung Gi menyempatkan keliling Yogya dan mencicip kuliner legendaris. Selasa (3/9) pagi ia menyambangi lapak Mbah Satinem yang ada di jalan Bumijo ini. Mbah Satinem yang berjualan lupis dan jajanan pasar ini mendapat sapa hangat aktor berusia 32 tahun ini. Lee Seung Gi yang kemudian dijawab oleh Mbah Satinem dengan logat Jawa kental.

Lee Seung Gi tak sendiri, karena ia datang bersama aktor Taiwan, Jasper Liu serta beberapa kru. Lee Seung Gi tampak berjongkok di dekat bakul berisi dagangan Mbah Satinem. Meski sudah terkenal, Mbah Satinem memang mempertahankan cara berjualan yang super sederhana. Ia duduk lesehan dengan bakul berisi makanan di depannya. Aktor yang juga pelantun lagu Because You’re My Woman ini kemudian mendapat penjelasan. Di sini ia juga mencoba jajanan manis yang diracik langsung oleh Mbah Satinem. Lee Seung Gi datang ke Yogya untuk syuting program “2 Man Trip” yang tayang di Netflix. Mbah Satinem memang salah satu penjaja kuliner legendaris di Yogya. Ia sudah berjualan lebih dari 50 tahun. Jajanan pasar yang terdiri dari lupis, cenil dan getuk ini bahkan jadi favorit mendiang Presiden Soeharto. Paduan lupis ketan, getuk singkong dan cenil disajikan dengan kelapa parut dan kucuran gula merah. Rahasia kelezatan racikan legendaris ini terletak dari proses pembuatan secara tradisional yang masih menggunakan kayu bakar. Mbah Satinem membuat aneka jajanan pasar ini dibantu oleh sang suami, Mbah Jumirah. Kini nenek 7 cucu ini memang sudah tak lagi muda namun semangatnya tetap membara. Setiap hari Mbah Satinem melayani puluhan pembeli yang datang ke lapaknya. Saking ramainya, bahkan ia harus menyiapkan nomor antrean agar pembeli tak berebut. Ia juga kini didampingi sang anak yang turut membantu.

Hanya saja, kebiasaan jajan itu tidak diiringi sajian sehat, sehingga banyak kasus keracunan yang menimpa para pelajar, umumnya jenjang SD. Mengonsumsi makanan khususnya yang dijual di sekitar lingkungan SD bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yang merugikan. Hasil survei Badan Pengawasan Makanan Pusat mengungkapkan bahwa pada 4.500 sekolah di Indonesia, 45 persen jajanan anak berbahaya. Bahaya utama yang ditimbulkan pada jajanan anak-anak itu umunya berasal dari mikrobiologi dan zat kimia. Penjual jajanan umumnya menggunakan bahan tambahan makanan berbahaya. Tambahan makanan tersebut berupa zat pewarna tekstil, penyedap rasa, pemanis buatan, penambah aroma bahkan pengawet yang tak lazim digunakan pada makanan yaitu formalin. Bahan tambahan makanan berbahaya itu biasanya terdapat pada otak-otak, sosis, nugget, martabak telor, lidi-lidian, makroni, basreng (baso goreng), batagor, siomay,bakso, mie. Bukan kali pertama kalau diberitakan jajanan anak sekolah tidak menyehatkan. Bahaya makanan jajanan sekolah dan makanan umum lainnya bisa muncul untuk jangka pendek, bisa juga pada jangka panjang. Jangka pendek, terjadi keracunan makanan sebab tercemar mikroorganisme, parasit, atau bahan racun kimiawi (pestisida). Muntah dan diare sehabis mengonsumsi jajanan paling sering ditemukan. Bahaya jangka panjang jajanan yang tidak menyehatkan apabila bahan tambahan dalam makanan dan minuman bersifat pemantik kanker, selain kemungkinan gangguan kesehatan lainnya.

Zat pengawet berbahaya seperti formalin atau boraks dan zat pewarna tekstil apabila dikonsumsi dalam jangka waktu lama akan menyebabkan kanker. Mie basah yang positif mengandung formalin juga terbukti membahayakan. Formalin adalah larutan yang tidak berwarna dan baunya sangat menusuk. Formalin biasanya digunakan sebagai bahan perekat kayu lapis dan disinfektan untuk peralatan rumah sakit dan pengawet mayat. Formalin sangat berbahaya jika terhirup, mengenai kulit dan tertelan. Akibat yang ditimbulkan berupa luka bakar pada kulit, iritasi pada saluran dan menyebabkan kanker. Perhatian dari pihak sekolah terhadap pedagang jajanan juga sangat dibutuhkan, misalnya dengan menyediakan fasilitas air bersih di tempat mereka berjualan, sehingga dagangan mereka lebih higienis dan menyediakan kantin yang memadai untuk siswa yang ingin memanfaatkan jam istirahat. Bercermin dari berbagai peristiwa yang merugikan siswa, selayaknya pihak sekolah agar dapat lebih berperan aktif mengawasi setiap pelajar dengan cara memerketat pengawasan terhadap anak didik, bukan hanya terkait proses belajar mengajar, tetapi juga aktivitasnya selama di areal sekolah.

Baca Juga : 15 Bisnis Jajanan Untuk Anak Sekolah Dasar

Demikian juga pengawasan yang ketat terhadap para pedagang harus dilakukan untuk mengurangi kebiasaan anak agar tidak jajan sembarangan. Sudah saatnya pihak sekolah mulai menghentikan teror kantin sekolah melalui sejumlah langkah preventif, di antaranya, menghimbau pedagang agar lebih selektif dalam menyediakan menu jajanan. Bagi para pedagang yang ingin menjajakan jualannya untuk lingkungan sekolah sebaiknya memperhatikan kesehatan makanan dan tidak hanya memikirkan keuntungan ekonomi saja. Jika para pedagang mulai melakukan tindakan ini untuk dimulai dari sekarang, maka bisa dipastikan bibit bangsa yakni khususnya siswa SD dapat terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya. Para pedagang juga diharapkan tidak menambahkan zat-zat tambahan makanan yang berbahaya, sehingga siswa yang mengonsumsi merasa aman untuk membeli makanan yang dijajakan pedagang. Upaya lain yang dilakukan untuk melindungi siswa SD dari bahaya jajanan sekolah juga seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah. Dimulai dari melakukan pemantauan rutin tiap satu bulan sekali ke pedagang-pedagang di sekolah juga melakukan sosialisasi atau penyuluhan secara langsung kepada seluruh pedagang dan produsen makanan skala rumahan agar menggunakan bahan baku jajanan yang lebih aman. Selain itu sudah seharusnya Kementerian Perdagangan untuk melakukan penyebaran leaflet mengenai bahan tambahan pangan yang berbahaya serta memberikan zat pewarna yang tidak berbahaya.

15 Bisnis Jajanan Untuk Anak Sekolah Dasar 15 Bisnis Jajanan Untuk Anak Sekolah Dasar

Infomakanan.com – Yang namanya anak SD tentunya lebih doyan makan jajanan disekolah dibandingkan makanan atau bekal dari rumah. Namun saat ini banyak makanan ataupu minuman yang mengandung bahan atau zat yang yang dapat membahayakan tubuh manusia terlebih pada anak-anak. Untuk itu kita sebagai penjual harus menjual jajanan yang bermutu dan tentunya baik untuk kesehatan anak-anak. Selain harganya yang terjangkau, bakso tahu goreng juga memiliki manfaat diantaranya bisa mencegah anemia karena tahu mengandung zat besi, selain itu tahu juga memiliki kandungan protein, kaya akan mineral dan mencegah penyakit jantung, dapat mencegah kanker, cegah rambut rontok, anti peradangan.

Tentu saja hal ini sangat baik untuk kesehatan anak. Ppembuatannyapun juga cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak modal. Jajanan satu ini juga tidak membutuhkan dana yang besar, selain itu pembuatannya juga cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga sangat cocok untuk dijadikan jajanan di sekolah bagi anak- anak sekolah dasar. Tentu jagung diantara dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit divertikular, menjaga kesehatan mata, bisa mengatasi sembelit, berperan terhadap fungsi kognitif dan menecegah anemia.

Tidak hanya itu telur yang kaya akan protein dapat membuat kita bebas kolestrol, tinggi kalsium, mengandung kolin, kaya zat besi, dan mengandung zat anti kanker. Jajanan yang satu ini uga tidak kalah dari yang lain, pembuatannya yang mudah dan tidak memakan biaya banyak, selain itu pangsit ini sangat banyak diminati anak-anak SD karena rasanya yang enak dan harganya yang terjangkau. Adapun bahan dasarnya yaitu tahu putih, kulit pangsit, tepung terigu, tepung tapioka, air panas, minyak goreng, penyedap rasa dan beberapa sayuran sebagai isiannya. Jika menu sebelumnya pangsit tahu, kali ini juga masih ada kaitanya dengan pangsit. Menu kali ini adalah sosis pita pangsit yang menjadi salah satu jajanan favorit para siswa selain rasanya yang enak menu ini memiliki bentuk yang unik sehingga banyak disukai anak-anak. Cookies juga menjadi salah satu jajanan kesukaan anak-anak, rasanya yang manis dan renyah membuat anak-anak banyak yang suka. Cookies merupakan makanan yang di panggang dengan bahan terdiri dari gula, terigu, dan beberapa jenis minya, kismis, gandum dan beberapa kepingan coklat sebagai hiasan agar mempercantik bentuknya. Meskipun orang tua sudah menyiapkan bekal namun masih banyak siswa atau anak-anak lebih memiliki jajanan di sekolah sebagai menu sarapan.

Untuk itu roti goreng nutela bisa menjadi menu sarapan yang cocok, dengan bahan dasar roti bisa membuat kenyang, selain itu juga roti termaksud karbohidrat yang bisa menggantikan nasi. Biasanya roti yang digunakan adalah roti tawar, adapun isian atau inti bisa menggunakan nutela atau selai lain yang bisa disukai anak-anak, misalnya selai rasa nanas atau strawbery. Terang bulan mini juga cocok dijadikan jajanan di sekolah-sekolah, rasanya yang manis dan gurih tentu akan membuat anak-anak suka. Ditambah lagi menu ini memiliki banyak farian rasa, seperti coklat, kacang, keju dan masih banyak lagi. Proses pembuatannya juga tidak banyak memakan waktu dan pastinya bahan yang digunakan juga mudah didapatkan. Selain itu, telur gulung juga cocok untuk menjadi jajanan anak-anak, makanan ini juga sudah sangat tidak asing dan sering dijadikan menu dalam dagangan di kantin-kantin sekolah. Seperti yang kita ketehui bersama bahwa telur mengandung protein yang baik bagi kesehatan. Roti yang satu ini juga sangat banyak diminati anak-anak.

Baca Juga : Pentingnya Makanan Sehat Bagi Anak Sekolah

Meskipun bentuknya yang sedarhana tetapi tetapi hiasan dibagian atas roti menjadi pusat perhatian anak-anak dengan meses yang warna warni membuat roti ini menjadi lebih menarik dan cantik. Salad buah tidak hanya menjadi kesukaan anak-anak tetapi semua kalangan, menu satu ini sangat bagus untuk dijadikan jajanan karena berbahan dasarkan buh-buahan, kita semua tentu sudah tau manfaat dan pentingnya akan buah-buahan bagi kesehatan kita, terlebih bagi anak-anak yang masih dalam masa perkembangan jadi harus memiliki asupan yang baik bagi tubuh. Olahan pisang yang satu ini uga sangat mudah dibuat dan rasanya juga tidak kalah enaknya, pembuatannya yang cukup mudah dan bahannya yng mudah didapatkan sehingga sangat cocok dijadikan jajanan disekolah. Olahan pisang nuget ini juga terdapat banyak farian rasa dan bentuknya yang sangat menarik membuat anak-anak pasti suka dan tentunya harga sangat bersahabat. Makanan satu ini sudah seperti makanan pokok di indonesia, tentunya kita bisa dengan mudah mendapatkannya tidak hanya dikantin sekolah tetapi di pinggir-pimggir jalan juga.

Pentingnya Makanan Sehat Bagi Anak Sekolah Pentingnya Makanan Sehat Bagi Anak Sekolah

Infomakanan.com – Makanan sehat mutlak merupakan salah satu faktor terpenting untuk menjaga tubuh anak agar senantiasa sehat dan fit. Dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Kesibukan orang tua, kadang menyebabkan saat ini banyak orang tua yang kurang memperdulikan apa yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Terkadan para orang tua berpikir terlalu sederhana, asalkan anak-anak sudah kenyang saat sarapan, tugas selesai. Padahal makan saja tidak cukup.

Makanan di rumah maupun di kantin jajanan sekolah perlu memperhatikan jenis makanan sehatnya. Jika tidak, bisa berakibat anak-anak kita mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan tidak memiliki nilai gizi sedikitpun. Pada masa usia sekolah, tubuh sangat membutuhkan berbagai nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang anak. Nutrisi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi untuk kesehatan tubuhnya harus terpenuhi. Nutrisi yang baik akan membantu anak-anak dalam menjaga kesehatannya. Makanan yang sehat mampu membantu anak-anak berkonsentrasi dalam belajar di kelas, menjaga berat badan dan menurunkan risiko terkena berbagai jenis penyakit yang mungkin dideritanya.

Namun, seiring dengan kesibukan dan rutinitas kesehariannya, seringkali orang tua tidak sempat membuatkan sarapan untuk anak-anaknya. Segala sesuatu dianggap mudah dan menggantinya dengan memberikan uang jajan. Ini dilakukan agar anak-anak dapat membeli sendiri hingga dapat mengikuti pelajaran dari pagi sampai siang hari. Padahal, memberi uang jajan saja tidak cukup. Uang jajan sejatinya bila dibelikan sayuran untuk dimasak, maka kebutuhan asupan makanan anak bisa terpenuhi. Sementara kita semua tahu, bahwa banyak makanan ataupun jajanan anak sekolah yang kurang atau bahkan tidak memenuhi syarat aman dikonsumsi. Sering kita jumpai jajanan sekolah yang ditemukan tercemar dengan bahan kimia serta bakteri berbahaya. Peran jajanan di sekolah sangat penting dalam menyumbang kebutuhan gizi anak. Oleh karenanya, sangatlah penting untuk memperhatikan kualitas jajanan anak-anak di sekolah. Akan lebih baik lagi jika anak membawa bekal makanan dari rumah. Selain lebih trrjamin kualitas kebersihan dan keehatannya, tentu saja akan lebih bernilai gizi jika membawa dari rumah. Dengan kata lain, sesibuk apapun aktifitas orang tua, seatkanlah untuk bersikap lebih bijak dan cerdas bagi putra-putrinya. Orang tua harus mengerti betul perihal makanan yang sehat dan bergizi. Manfaatkan teknologi informasi lewat dunia maya untuk dapat lebih meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam membuat berbagai ragam makanan.

Terkadang sayur ini juga dicampur dengan irisan daging sapi atau daging ayam serta mie bihun. Mendoan khas Banyumas sama seperti mendoan di daerah lainnya. Sama sama terbuat dari tempe sesuai dengan namanya. Makanan khas Banyumas dan cara pembuatannya cukup mudah, tempe awalnya dipotong tipis kemudian dilumuri dengan adonan tepung terigu beserta bumbunya. Setelah itu digoreng hingga setengah matang dan angkat dari penggorengan. Nah, mendoan tempe khas Banyumas siap dihidangkan dengan saus kecap. Cenil merupakan makanan ringan khas Banyumas yang terbuat dari bahan utama berupa singkong dan tepung kanji yang diberi taburan parutan kelapa. Biasanya cenil dibuat dengan campuran pewarna makanan sehingga disajikan berwarna-warni agar lebih menarik. Olahan lain dari Banyumas ini juga berbahan dasar singkong yang diparut kemudian diperas kandungan airnya. Setelah itu, diberi campuran bumbu yang khas untuk kemudian dibentuk menjadi bulat dan terakhir digoreng menggunakan minyak panas di wajan yang telah disiapkan. Kampel dalam bahasa lokal Banyumas mempunyai arti peluk. Kampelan berarti adalah pelukan.

Maksudnya, makanan ini dibuat dari pelukan antara ketupat dengan jenis makanan lainnya seperti tempe, tahu, atau dage. Setelah dikampelkan atau disatukan, bahan tersebut lalu dicelup ke dalam adonan tepun terigu yang telah diberi bumbu kemudian digoreng. Makanan yang hampir punah ini dulunya pernah merenggut nyawa berpuluh puluh orang Banyumas. Maka dari itu, Pemerintah Banyumas berniat memusnahkan tempe bongkrek yang merupakan makanan khas orang Banyumas pelosok. Tempe bongkrek terbuat dari ampas kelapa yang difermentasikan. Dage adalah makanan varian tempe dengan campuran bahan ampas kelapa yang digumpalkan dan dijamurkan. Variasi lain dari dage adalah dibuat oseng dengan campuran kecambah serta lombok merah dan hijau. Dage biasanya dijual bersama tempe mendoan. Jajanan pasar lupis ini terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan dibungkus daun pisang. Rasanya enak dan lebih bisa mengenyangkan perut. Makanan khas Banyumas ciwel merupakan jajan pasar yang berwarna hitam kecoklatan dan terasa alot. Ciwel terbuat dari tepung singkong yang direndam dalam cairan rendaman jerami padi sehingga bersifat basa.

Baca Juga : Cirebon Diserang Ulat 5 Makanan Enak Ini Justru Terbuat Dari Ulat

Biasanya ciwel ini dijual satu paket brsama cenil dan lupis yang diberi cairan gula merah. Badeg merupakan minuman yang berasal dari sari bunga kelapa atau dikenal sebagai bahan gula merah dan gula jawa yang tidak direbus. Biasanya cairan ini perlu difermentasikan selama 1 sampai 2 hari agar memiliki aroma dan rasa yang enak. Jangan terlalu lama difermentasikan, karena jika terlalu lama minuman ini bisa jadi memabukkan. Kuliner khas Banyumas yang satu ini dibuat dari bahan utama berupa ikan lembutan. Ikan lembutan adalah ikan tawar kecil-kecil, yang diambil dari Sungai Serayu, Logawa, dan sungai-sungai kecil yang ada di kabupaten Banyumas. Menu ikan lembutan ini bisa anda temukan di warung-warung makan atau restoran modern di daerah Purwokerto. Salah satunya yaitu Warung Gudril yang mempunyai menu andalan ikan lembutan goreng. Warung ini terletak di Jalan raya Sidabowa, dari perempatan Tanjung ke Selatan sekitar 5 kilometer berada di kanan jalan jika anda berangkat dari arah Purwokerto.

Cirebon Diserang Ulat 5 Makanan Enak Ini Justru Terbuat Dari Ulat Cirebon Diserang Ulat 5 Makanan Enak Ini Justru Terbuat Dari Ulat

Infomakanan.com – Belum lama ini masyarakat Cirebon resah dengan serangan ribuan ulat. Di samping itu, masyarakat di beberapa daerah justru mengolah ulat jadi santapan enak. Teror ribuan ulat yang muncul secara tiba-tiba membuat masyarakat cirebon bergidik. Tampilan ulat yang menjijikan ini membuat orang geli dan menghindari. Tapi untuk jenis ulat tertentu ternyata justru bisa diolah jadi makanan enak. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut aneka makanan yang terbuat dari bahan dasar ulat. Ulat sagu jadi makanan yang cukup populer di Indonesia bagian timur. Ulat dengan bentuk tubuh gemuk ini biasa hidup di batang pohon sagu yang sudah mati.

Ulat sagu yang merupakan larva dari kumbang sagu ini punya rasa yang gurih dan lezat. Masyarakat Maluku hingga Papua kerap menyantap ulat ini dalam keadaan hidup. Tapi ada juga yang memasaknya dengan cara ditumis atau dibakar. Membayangkan ulat bulu saja sudah bikin bergidik, apalagi membayangkan menyantap ulat bulu. Tapi di Purworejo, Jawa Tengah dan Bali, ada beberapa masyarakat yang gemar mengolah ulat bulu jadi santapan enak.

Ulat bulu dan kepompongnya biasa dijadikan sate atau digoreng. Tentu saja ulat bulu yang satu ini berasal dari jenis yang aman dikonsumsi dan tidak beracun. Tak hanya ulat bulu saja, di Jawa Tengah dan Jawa Timur ada juga yang mengolah jenis ulat jati. Ulat jenis ini banyak hidup di pohon jati jadi masyarakat sekitar hutan jati sudah terbiasa mengolah dan menyantapnya sebagai camilan atau lauk makan. Ulat jati atau entung bermunculan saat peralihan musim kemarau ke musim penghujan. Tak hanya dijadikan konsumsi biasa, ulat jati juga kerap dijual di pasar. Biasanya ulat jati dimasak dengan cara dioseng dengan bawang dan cabai. Tak hanya di Indonesia, ulat juga kerap jadi sajian makanan di berbagai negara seperti Korea salah satunya. Ulat sutera dan kepompongnya biasa dimasak menjadi hidangan yang dikenal dengan sebutan beondegi.

Ulat sutera akan dimasak dengan cara direbus bersama aneka bumbu. Biasanya olahan ulat ini dijual sebagai jajanan pinggir jalan. Saking populernya, olahan ulat ini juga banyak dijual dalam kemasan kaleng. Di Indonesia, jenis ulat ini biasa jadi makanan burung tapi di Korea dijadikan makanan manusia. Ulat yang dikenal dengan sebutan mealworm ini biasa disajikan sebagai pelengkap berbagai makanan mulai dari bubur, pizza, pasta dan lainnya. Hasil penelitian mengungkapkan kalau ulat jenis ini mengandung banyak protein. Tak heran ada pakar diet yang menyarankan menyantap ulat ini sebagai asupan makanan khusus diet.

Meski tanpa daging tapi paduan aci yang kenyal dengan bumbu gurihnya memberikan sensasi makan yang bisa buat kamu ketagihan. Sekarang, cilok bahkan sudah dimodifikasi dengan aneka isian yang menggoda selera, seperti cilok isi keju, telur puyuh dan bahkan irisan cabe rawit! Cilor bisa dibilang merupakan anak bungsu dari keluarga jajanan aci karena masih tergolong baru. Cilor memiliki nama lengkap cilok telor, yang maksudnya adalah menggoreng cilok dengan telor. Tampilan cilor bermacam-macam, mulai dari yang dibentuk seperti sate telur gulung sampai yang disajikan dalam mangkuk berkuah pedas. Semuanya sama-sama enak dan bikin ketagihan! Jajanan yang satu ini memang lagi hits di kalangan anak muda. Seblak terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan campuran bumbu bawang dan cabai sehingga menghasilkan hidangan berkuah yang unik. Kerupuknya memberikan tekstur kenyal yang pas dicampur dengan kuah pedas. Seblak terkadang dicampur dengan ceker, ayam, telur dan tambahan topping sosis serta keju. Surabi Bandung sedikit berbeda dengan serabi solo. Surabi memiliki bentuk yang lebih tebal dan lebih gurih serta padat dibanding serabi solo. Surabi tradisional Bandung biasanya dimasak dengan menggunakan tungku kayu dan gerabah tanah liat.

Baca Juga : 7 Jajanan Anak Sekolah Yang Paling Enak

Bau hangus dari lapisan gerabah memberikan aroma khas. Surabi biasanya diberi toping oncom, kinca atau bahkan tanpa topping sama sekali. Dengan kreativitas pemuda Bandung, surabi kini tampilannya lebih modern dengan aneka topping bahan makanan kekinian yang juga tidak kalah menggoda. Meski berawalan huruf C tapi jajanan yang satu ini bukan berasal dari aci melainkan peuyeum alias tape bandung. Colenak merupakan penjelasan dari cara makan jajanan tersebut, yaitu dicocol enak. Colenak berasal dari peuyeum yang dibakar lalu disajikan dengan saus gula jawa cair dan ditambah dengan parutan serutan kelapa. Hmm.. sudah kebayang belum rasa manis gurih dari colenak? Kalau belum maka kamu wajib mampir ke jajanan colenak saat jalan-jalan ke Bandung. Secara tampilan, cuanki mirip sekali dengan bakso malang. Hanya saja, cuanki tidak menggunakan mie kuning. Isiannya meliputi tahu putih isi aci, bakso, siomay, pangsit rebus, pangsit goreng dan bakso goreng. Kuahnya dibiarkan bening dan hanya ditambahkan sedikit daun bawang dan bawang goreng. Rasanya gurih dan cocok untuk disantap saat cuaca dingin. Kalau kamu adalah penggemar batagor pasti kamu sering lihat gerobak penjual makanan bertuliskan batagor Bandung meski sedang tidak berada di Bandung.

Walaupun kamu sudah sering menyantapnya, jangan lupa untuk sempatkan diri makan batagor di Bandung agar bisa merasakan keaslian sajiannya. Batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng yang disajikan dengan saus kacang dan kecap. Biasanya ditambahkan ikan tengiri ke dalam adonan batagor untuk menambah cita rasa gurih. Tidak lengkap rasanya jalan-jalan ke Bandung tanpa mencicipi siomay Bandung yang melegenda. Walaupun saus kacangnya sama dengan batagor, siomay bukan digoreng, tapi dikukus. Selain itu, siomay juga dilengkapi dengan pare, kentang dan sayur kubis yang tidak bisa kamu temukan di batagor. Tapi satu hal yang pasti, dua-duanya sama-sama maknyus! Sesuai namanya, makanan yang satu ini merupakan olahan dari bakso yang digoreng. Namun ada juga yang membuatnya berbentuk seperti keripik. Dua-duanya sama-sama enak dan pasti bikin kamu ketagihan. Keripik bakso goreng biasanya diberi bumbu gurih pedas dengan beberapa tingkatan level. Sedangkan kudapan bakso goreng cukup disantap dengan menggunakan sambal atau cabe rawit hijau yang pedas. Nama jajanan Bandung memang selalu penuh arti.